Cara mengatasi hama tanaman jagung

Di indonesia jagung merupakan tanaman yg banyak di tanam oleh para petani setelah tanaman padi,jagung sendiri sebenarnya berasal dari amerika tengah lalu menyebar ke seluruh dunia seiring berjalanya waktu.jagung yg banyak di tanam di indonesia adalh jagung jenis hibrida karena jagung ini cepat panenya dan tahan terhadap hama penyakit.Namun demikian tak lantas jagung aman akan hama tetap aja ada hama yang menyerang tanaman jagung.hama yg menyerang tanaman jagung adalah hama ulat daun,hama uret,pengerek batang,ulat tongkol jagung,dan bulai pada tanaman jagung.Berikut ini adalah cara mencegah dan mengatasi hama tersebut langsung aja kita bahas satu persatu:
1.hama ulat daun
Hama ini umumnya menyerang daun pada waktu pagi sore dan malam,
*pencegahan
Disemprot dengan insektisida sistemik berbahan aktif imadikoplori.Jika sudah terjadi serangan di ambang batas semprot dengan insektisida translaminar berbahan aktif metomil atau insektisida kontak berbahan aktif sipermetrin di campur dengan pelekat.
Baca juga
 Cara mengatasi padi yang daunya menguning 
2.hama uret
Hama ini umumnya menyerang akar tanaman jagung karena hama ini adalah larva serangga yg memakan akar tanaman,
*pencegahan
menggunakan insektisida tabur khusus uret(marshal/Diazenon),caranya larutkan dalam air dengan perbandingan 40L air di campur dengan 2 sendok lalu kocorkan pada pangkal tananaman jagung.
3.pngerek batang
Hama ini masuk dalam batang pada saat tanaman masih muda lalu memakan bagian dalam batang sehingga tanaman jagung menjadi rapuh kemudian batang menjadi busuk.
*pencegahan
Pada saat jagung sudah setinggi 20 cm semprotlah dengan insektisida sistemik berbahan aktif imadikolplorid secara rutin.Bisa juga di semprot dengan insektisida translaminar bebahan aktif metomil.
Baca juga:
 Cara menanam kacang tanah 
4.ulat tongkol jagung
Seperti namanya ulat ini menyerang tongkol jagung pada saat tongkol masih muda.hama ini menyerang dengan cara melubangi tongkol jagung kemudian memakanya,akibatnya biji jagung menjadi rusak dan busuk.
*pencegahan
semprot dengan insektisida sistemik seminggu sekali.Jika penyerangan sudah di ambang batas kewajaran semprotlah dengan insektisida translaminar berbahan aktif metomil langsung pada tongkolnya.
5.bulai pada tanaman jagung
Biasanya menyerang pada saat tanaman berusia sekitar 20-30 hari.ciri" tanaman jagung terkena bulai adalah daun berwarna kekuningan,penyakit ini menyebabkan jagung tidak berbuah sempurna,karena terkena virus gemini yg biasanya di bawa oleh vektor seperti thrips,aphids dan kutu kebul.
*pencegahan
Pilihlah benih jagung yang tahan terhadap virus gemini dan lakukan penyemprotan secara rutin dengan insektisida sistemik berbahan aktif imadikoplorid 2 minggu sekali,serta insektisida kontak berbahan aktif abamektin selama 3 hari berturut turut.Untuk pengobatan penyakit bulai anda perlu mengkombinasikan dengan pupuk daun,zpt dan hidroksibenzoat.Disemprotkan secara ruti setiap 5 hari sekali sampai tanaman pulih kembali.
Demikian cara pencegahan dan pengobatan pada hama tanaman jagung semoga dapat membantu.
Kunjungi artikel" saya di blog:
 Mitra petani 


No comments:

Post a Comment

terimakasih telah berkunjung silahkan tinggalkan komentar anda

budidaya ubi jalar

Ubi jalar merupakan tanaman yg banyak manfaatnya.Salah satu manfaat yg sering kita jumpai adalah umbinya bisa kita buat berbagai...