CARA MENANAM SORGUM(JEPEN)

Sorgum adalah tanaman dari keluarga rumput-rumputan,masih satu kluarga dengan padi,jagung dan gandum.Tanaman ini bentuknya seperti jagung sedang buahnya menjuntai mirip padi,Tanaman sorgum di perkirakan berasal dari afrika,namun tanaman ini telah berapdaptasi sehingga bisa tumbuh di berbagai iklim sehingga mudah untuk di budidayakan.Di indonesia sendiri tanaman sorgum belum begitu populer sehingga banyak petani yang masih belum paham bagaiman cara menanam sorgum yang baik dan benar.Untuk itu saya akan memberikan cara menanam sorgum yang baik,berikut ini langkah-langkah dalam menanam sorgum:
1.PERSIAPAN LAHAN
Tanaman sorgum sebenarnya bisa tumbuh di berbagai jenis tanah,namun tanah yang paling baik untuk menanam sorgum adalah tanah dengan ph 5,5 - 7,7 dengan curah hujan sedang,suhu udara antara 22-32 derajat celcius.Sebelum ditanami lahan harus di gemburkan dulu dengan cara di cangkul/di bajak kemudian haluskan dan ratakan kembali.Kemudian beri pupuk kandang secara merata.Setelah itu buat bedengan kecil setengah bedengan besar dengan tinggi 25 cm lebar 30 cm jarak bedengan 25 cm.
2.PERSIAPAN BIBIT SORGUM
Bibit sorgum di dapat dari bijinya yang telah tua,kemudian di jemur beberapa hari lalu simpan di tempat terbuka selama satu minggu.Dapat juga di beli di dinas pertanian dengan varietas unggul(kawali atau numbu).
CARA TANAM SORGUM
Buat lubang dengan cara di tugal pada bedengan yang telah di buat tadi dengan kedalaman 5 cm jarak lubang 20-25 cm.Sebelum di tanam biji sorgum harus di campur dengan insektisida karbosulfa dengan dosis 30 gr/3 kg biji sorgum,agar tidak di makan hama seperti semut.Selanjutnya masukan biji sorgum 2 butir per lubang kemudian tutup dengan tanah atau dengan pupuk bokashi itu lebih baik.
4.PERAWATAN TANAMAN SORGUM
pengairan di lakukan secara rutin 15 hari sekali setelah pemupukan ke 3.Pemupukan di lakukan pada usia 7 hst selanjutnya pada usia 21 hst yang terakhir pada usia 35-40 hst.Gunakan pupuk UREA,PHONSKA,ZA DAN TSP.Pengairan dilakukan dengan cara menggenangi parit sampai penuh lalu buang semua setelah rata.
Penyiangan dilakukan 2 kali yaitu pada usia 10 hari dan 25 hari atau pada saat gulma sudah tumbuh dan mengganggu tanaman.penyiangan dilakukan dengan cara menggunakan cangkul atau sabit.
5.HAMA PADA TANAMAN SORGUM
Hama yang menyerang tanaman sorgum antara lain ulat tanah,uret,lalat penggorok,kutu putih,cabuk,ulat daun.cara mengatasinya dengan pemberian furadan saat pemupukan,bisa juga dengan cara di semprot dengan insektisida berbahan aktif imidakloprit.
6.PANEN SORGUM
Tanaman sorgum dapat di panen pada usia antara 90 - 100 hari atau pada saat buah sudah tua dengan ciri-ciri kulit buah berwarna hitam dan sudah pecah dan kelihatan isinya.Panen sorgum dengan cara di potong bagian tangkainya kira-kira 7-10 cm dari buahnya.
Demikian cara menanam sorgum yang baik dan benar semoga dapat membantu.


No comments:

Post a Comment

terimakasih telah berkunjung silahkan tinggalkan komentar anda

budidaya ubi jalar

Ubi jalar merupakan tanaman yg banyak manfaatnya.Salah satu manfaat yg sering kita jumpai adalah umbinya bisa kita buat berbagai...