Cara menanam bawang merah di polybag

Bawang merah merupakan tanaman yang berasal dari iran pakistan barat dan syira.Di indonesia bawang merah berkembang di daerah jawa barat,jawa tengah,DIY,jawa timur,sumatra utara dan barat,ntb,ntt,sulawesi tengah dan selatan.Bawang merah banyak sekali manfaatnya,selain buat bumbu dapur,bawang merah juga dapat di jadikan obat tradisional sehingga harga bawang merah cukup menjanjikan,Banyak petani yg berlomba-lomba untuk membudidayakan bawang merah sebagai tanaman unggulan.Bagi sobat yang ingin menanam bawang merah tetapi tidak mempunyai cukup lahan jangan kwatir karena bawang merah bisa di tanam di polybag,sehingga tidak membutuhkan lahan yg luas,pekarangan rumahpun bisa di manfaatkan.
Berikut ini cara menanam bawang merah di polybag.
●Menyiapkan media tanam bawang merah
Kita bisa menggunakan media berupa tanah di pekarangan kita yang banyak tersedia.Campurlah tanah,pupuk kompos(pupuk kandang)dan juga arang dengan perbandingan 1:1:1.Kemudian masukan media tersebut ke dalam polybag hingga habis.Sebaiknya gunakan polybag yang ukuran 30 X 40 cm.Setelah itu beri pupuk sp 36 dengan takaran 3 gr/polybag dan juga furadan 1 sendok kecil di setiap polybag.
●Menanam bawang merah
Setelah proses media tanam selesai di kerjakan kita bisa lanjut ke proses penanaman bawang merah.Sebelumnya siapkan dulu benih yg akan di tanam kemudian tanam pada polybag.Anda bisa menanam 3 umbi untuk setiap polybag.Jika proses penanaman selesai tatalah polybak dengan jarak 15 cm antar polybag.
●Perawatan bawang merah
Tarohlah di pekarangan yang terkena langsung sinar matahari agar tanaman bawang merah tumbuh dengan baik.Lakukan pemupukan susulan menggunakan npk dengan takaran 1gr per polybag setiap minggu hingga bawang merah berumur 6 minggu.Bisa juga menggunakan pupuk cair.jika menggunakan pupuk cair,semprotkanlah pada usia 15 hari setelah tanam dan 30 hari setelah tanam.semprot dengan insektisida jika terdapat hama yg menyerang tanaman bawang merah.
●Memanen bawang merah
Bawang merah siap di panen pada usia 100 hari dengan ciri-ciri batang daun yang telah menguning roboh dan rapuh.memanen bawang merah di lakukan dengan cara langsung di cabut,Kemudian jemur bawang merah untuk menghindari bawang merah tumbuh jamur dan juga mengurangi kadar air.
Bawang merah siap digunakan sebagai bumbu dapur sehari-hari dan bila berlebih dapat di jual kepasar buat nambahin uang saku kita.
Demikian cara menanam bawang merah di polybag langkah demi langkah,semoga dapat membantu anda yang belum tau cara menanam bawang merah di polybag.


No comments:

Post a Comment

terimakasih telah berkunjung silahkan tinggalkan komentar anda

budidaya ubi jalar

Ubi jalar merupakan tanaman yg banyak manfaatnya.Salah satu manfaat yg sering kita jumpai adalah umbinya bisa kita buat berbagai...