Cara menanam kacang hijau

Indonesia adalah negara dengan iklim tropis,mempunyai 2 musim,yaitu musim penghujan dan musim kemarau sehingga cocok untuk bertani.Apalagi tumbuhan jenis polowijo sangat cocok untuk ditanam.Salah satunya adalah kacang hijau,kacang hijau merupakan tanaman yang berasal dari india,kemudian masuk indonesia pada abad ke 17 dengan nama latin vignaradiata.
Karena kandungan kalsium,foefor dan asam lemak tak jenuh pada kacang hijau membuat kacang hijau ini di jadikan aneka olahan yg sehat bagi tubuh.Harga kacang hijau sendiri cukup baik di pasaran sehingga banyak petani yang menanamnya,untuk itu saya akan membagikan cara menanam kacang hijau yang baik dan benar.
Cara menanam kacang hijau
Kacang hijau akan tumbuh dengan baik pada tanah gembur dengan ph antara 5.8-7.0 paling baik pada ph 6,7 dengan curah hujan omtimal antara 50-200mm/bulan.Sedangkan suhu terbaiknya antara 25-27 derajat celcius denngan kelembapan udara 50-80%.sebelum menanam siapkan dulu benih yg akan di tanam,untuk kacang hijau ada beberapa varietas benih diantaranya
Murai,perkutut,kenari dan sriri pilih salah satu.
Ada dua cara dalam menanam kacang hijau yaitu dengan di tabur pada lahan yg sudah di airi,biasanya sehabis kacang tanah
Cara kedua yaitu dengan cara di tugal dengan jarak 25X15 cm tiap lubang diisi 2-3 biji benih kemudian di tutup dengan tanah.
Perawatan kacang hijau
Kacang hijau merupakan tanaman yg tidak begitu sulit untuk di rawat,cukup di beri pupuk npk,sedangkan pengairan dilakukan pada saat menjelang bunga.setelah itu tinggal menunggu panen pada usia antara 60-80 hari.
Demikan langkah" menanam kacang hijau,semoga dapat membantu.


No comments:

Post a Comment

terimakasih telah berkunjung silahkan tinggalkan komentar anda

budidaya ubi jalar

Ubi jalar merupakan tanaman yg banyak manfaatnya.Salah satu manfaat yg sering kita jumpai adalah umbinya bisa kita buat berbagai...