Cara menanggulangi penyakit kelinci



Kelinci merupakan hewan ternak yang menggemaskan,sekain itu harga dari kelinci sendiri di pasaran cukup menjanjikan sehingga banyak para peternak yang memekiharanya.Namun tidak mudah untuk memelihara kelinci banyak sekali yg harus di perhatikan mulai dari kebersihan kamung,kwalitas pakan juga harus di jaga mutunya,agar kelinci tumbuh dengan baik.Namun demikian masih saja ada kelinci yang terkena penyakit sehingga kelinci banyak yang mati sehingga peternak kelinci merugi.Disini saya akan kasih tau bagaimana menanggulangi penyakit pada kelinci.
Berikut ini cara menanggulangi penyakit kelinci:
PENYEBAB PENYAKIT KELINCI
Faktor penyebab  kelinci terserang penyakit ada beberapa hal diantaranya:
1.sanitasi kamung kurang terjaga dengan baik.
2.pakan yang berkualitas jelek.
3.jumlah pakan kurang.
4.air minum kotor/kurang.
5.kekurangan protein,vitamin,dan mineral.
6.perubahan cuaca.
7.tertular kelinci lain yang terkena penyakit.

GEJALA KELINCI TERKENA PENYAKIT
kelinci yang terkena penyakit menunjukan gejala yang mencolok diantaranya:
Lesu
Nafsu makan hilang
Mata sayu
Suhu badan naik turun.
Kelinci yang terkena penyakit sebaiknya di masukan kandang lain supaya tidak terjadi penularan ke yang lain.

PENYAKIT KELINCI
Penyakit kelinci yang menyebabkan kematian antara lain:
1.Enteritis kompleks
Umumnya menyerang kelinci yang masih anak-anak yang masih menyusu.penyakit ini disebabkan oleh udara yang lembab,basah,dan terkena angin malam secara langsung.penyakit ini juga di kenal dengan beberapa nama diantaranya kembung,diare,dan bloat.Kembung juga bisa karena salah makan.Gejala kembung  diantaranya kelinci berdiri  dengan posisi membungkuk,kaki depan agak maju.daun telinga turun,mata suram memicing serta gigi berkerokot dan selalu mendekati air minum.ketika buang kotoran,warnanya hijau gelap,bau dan lendir menggantung pada dubur.
PENGOBATAN
dapat dilakukan dengan menyingkirkan pakan hijau serta air minum.Selama sehari kelinci di kasih pakan daun kacang kering,diobati dengan anti biotik dengan cara di campurkan makanan atau minumanya.
2.Pasteurellosis
Penyakit ini menyerang kelinci dewasa baik jantan maupun betina.Penyakit ini menyerang alat pencernaan.penyebabnya kuman pasteurella multocida.

PENGOBATAN
Pencegahanya dengan membuang kotoran lebih seeing dan memperbaiki ventilasi.
3.YOUNG DOE SYNDROME
Penyakit disebabkan oleh septicemia akibat mastitis sehingga kelenjar susu membengkak.umumnya menyerang kelinci betina pada kelompok kelahiran pertama dan kedua.
Tanda-tanda penyakit ini adalah suhu badan panas,nafsu makan berkurang.Puting susu bengkak dan keras.

PENGOBATAN
Induk yang sakit di isolasi.penyakitnya dapat di sembuhkan jika belum terlambat.Pengobatanya dengan suntikan pinicillin,dexatozoon,sulmethonl,sulfa strong atau oxilin.Selain itu kandang di bersihkan dengan cara di semprot atau di cuci dengan asepto.

4.kokkidiosis
Penyakit ini disebabkan oleh kuman parasit(protozoa) yang menyerang usus dan hati.Biasanya terjadi pada kelinci yang di pelihara di lantai.gejala penyakit ini antara lain nafsu makan turun,badan kurus,lesu dan berat badan terus merosot,diare bercampur darah atau berlendir putih.

PENGOBATAN
Kelinci yang sakit di obati dengan obat-obatan yang mengandung sulfa untuk menghambat diare.Dapat juga diobati dengan stop diare yang mengandung tetra cycline,atau Eludron yang berupa obat tetes.
5.SEMBELIT
Gejala penyakit ini adalah gak bisa berak.serta kencing sedikit sekali.Penyakit ini disebabkan oleh pemberian pakan kering yang tidak di imbangi dengan kebutuhan air minum yang cukup.

PENGOBATAN
Kelinci dapat di beri air minum sebanyak-banyaknya,sediakan pakan hijau,sayuran,atau buah"an.Selain itu lepaskan kelinci di luar kandang agar mendapat udara segar dan bergerak bebas.Tambahkan vitamin dan mineral untuk pelengkap gizinya.
6.PILEK
Penyakit ini di tandai dengan hidung kelinci mengeluarkan lendir berwarna jernih atau keruh,dan juga sering bersin-bersin.Penyebab penyakit ini susah dipastikan,mungkin karena bakteri atau virus.

PENGOBATAN
Kelinci harus cepat di rawat,dengan cara di semprot dengan cairan anti septik.kerak yang mengeras di bersihkan dengan air hangat.Obati kelinci dengan antibiotik seperti pinicilin atau Anticold.Usahakan lingkungan kandang tidak lembab dan basah.
7.PHEUMONIA/RADANG PARU-PARU
Seperti namanya penyakit ini menyerang alat pernapasan,yaitu paru-paru.Penyakit ini di sebabkan oleh kuman pasteurella multocida.Tanda" kelinci terkena penyakit ini adahlah kepala sering diangkat tinggi-tinggi,mata dan telinga kebiru-biruan.Kadang juga keluar cairan bernanah,kotoranya encer.

PENGOBATAN
pengobatanya dapat menggunakan pinicilin,oxilin,atau ultra strong yang di berikan lewat suntikan.
8.KUDIS
Penyakit ini menimbulkan gatal-gatal,biasanya diawali dengan kepala lalu menjalar ke mata,hidung,kaki,kemudian seluruh tubuh.Penyebab penyakit ini adalah kutu Sarcoptes Scabiei.
PENGOBATAN
Kelinci yang terserang kudis harus di pindahkan dari kandang.Bersihkan kandang yang di huni,lalu semprot dengan disenfektan dengan cermat.Kemudian kandang di jemur,paling tidak selama 15 hari.Untuk kelinci yang terkena kudis harus di cukur bulunya di sekitar bagian yang terkena kudisan.Cuci lukanya dengan air hangat.Setelah bersih dan di lap kering,olesi luka dengan obat kudis,seperti salep belerang,caviam,atau scabicid cream setiap 2 hari sekali sampai sembuh.
9.KANGKER TELINGA
Penyakit ini menimbulkan rasa gatal dan sakit pada telinga.tanda-tanda kelinci terkena penyakit ini adalah kepala sering di goyang-goyangkan dan di geleng-gelengkan.Daun telingan di gosok-gosokan sehingga telinganya kemerah-merahan.Cairan keluar dari jaringan yang rusak,lalu mengeras membentuk kerak.Penyakit ini di sebabkan oleh kutu yang hidup di permukaan kulit sebelah dalam telinga.
PENGOBATAN
Cara mengobati penyakit ini dengan cara bagian telinga yang terserang diolesi dengan obat pembasmi kutu.Obat di buat dengan campuran 1 bagian jodium,25 bagian minyak kelapa,dan 10 bagian alkohol.Obat di oleskan dengan kapas.
Demikian cara menanggulangi penyakit yang biasa menyerang kelinci,semoga dapat membantu.

No comments:

Post a Comment

terimakasih telah berkunjung silahkan tinggalkan komentar anda

budidaya ubi jalar

Ubi jalar merupakan tanaman yg banyak manfaatnya.Salah satu manfaat yg sering kita jumpai adalah umbinya bisa kita buat berbagai...